Cara Menambah Kapasitas RAM Komputer/ Laptop Tanpa Software

computer-ram

BLOGPHATAR.COM – Random Acces Memory atau sering disebut dengan RAM, merupakan bagian dari hardware komputer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk menjalankan program-program yang terdapat dalam komputer dimana selama komputer tersebut menyala. Pengertian lain dari RAM adalah merupakan tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Ram diamana biasanya digunakan untuk penyimpana primer (memori utama) dalam komputer yang digunakan dan untuk mengubah informasi secara aktif, meskipun terkadang beberapa dari jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder (jangka panjang).

Semakin besar ukuran dan kapasitas RAM, maka dalam menjalankan sebuah program akan semakin lancar daripada menggunakan RAM ukuran kecil. Seperti halnya apabila sebuah komputer atau laptop menggunakan RAM dengan ukuran 1GB sampai 32GB, pasti kompuer tersebut pastilah super high end.

Baik langsung saja pada intinya, untuk menambah ukuran RAM komputer atau laptop tanpa software sangat mudah dapat anda lakukan hanya dengan waktu 5 menit saja. Penjelasan singkatnya metode ini akan mengambil sedikit bagian dari Hard Disk (HDD) untuk dijadikan sebuah RAM Virtual. Berikut tutorial cara menambah kapasitas/ ukuran RAM komputer atau laptop tanpa software :

1. Klik Start => Klik kanan Computer => Properties

open-computer-properties

2. Kemudian klik Advanced system settings

2-pilih-advenced-system-setting

3. Pada tab Advanced, klik Settings

3-pilih-setting

4. Pada tab Advanced yang selanjutnya, klik Change

4-pilih-change

5. Uncheck Automatically manage paging file size for all drivers

5-pilih-dan-masukkan-ukuran-memori-ram

Keterangan : Silahkan anda pilih partisi HDD yang ingin dijadikan memori RAM virtual. Pada gambar diatas, Local Disk D: memiliki 219573 MB, dan saya akan mengalokasikan 4000 MB (Initial size) dan 8000 MB (Maximum size). Langkah terakhir,

6. Klik OK dan restart komputer. Semoga penjelasan singkat tentang Cara Menambah Kapasitas RAM Komputer/ Laptop Tanpa Software dapat bermanfaat untuk anda semua. – Blogphatar.com